Kesehatan,  News

Septic tank yang aman dan nyaman dengan septic tank bio Go Green

Pembangunan septic tank tidak bisa dilakukan asal-asalan karena letak septic tank akan mempengaruhi kualitas sumber air yang dipakai. Sering kali karena tidak adanya perhitungan yang matang orang mengeluh air sumur mereka bau, berubah warna kekuningan dan tidak enak ketika di konsumsi. Limbah pembuangan septic tank yang di buang ke lingkungan adalah sumber masalahnya.

 

Peraturan tentang pembuatan septic tank

Pembangunan septic tank harus dijauhkan dari sumber sumur galian kurang lebih 11 meter. Septic tank adalah wadah tampungan kotoran dari kloset, limbah dari kotoran tersebut bila tidak dikelola dengan baik dalam septic tank akan berdampak buruk pada lingkungan. Sesuai dengan peraturan menteri kesehatan No.3 tahun 2014 mengenai sanitasi total berbasis masyarakat di sana telah diatur standar dan persyaratan kesehatan dari sebuah bangunan jamban. Jamban di sini menyangkut jamban atas (kloset/WC), jamban tengah (lubang untuk pembuangannya) dan jamban bawah (septic tank).

Mengacu pada peraturan tersebut sebagai warga negara yang baik masyarakat harus mematuhinya, namun dalam prakteknya sulit diterapkan apalagi itu menyangkut lahan. Solusi cerdas untuk pembangunan septic tank yang baik bisa dilakukan dengan menggunakan teknik septic tank biotech. Kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan jika anda merasa lahan yang dibutuhkan tidak memadai. Septic tank bio bisa di beli lalu di pasang setelah itu bisa langsung digunakan.

cara pemasangan septic tank bio

Cara pemasangan septic tank biofilter

Pemasangan septic tank biofilter sangat mudah dan cepat. Cara pemasangan septic tank biofil:

  1. Siapkan galian tanah, galian harus memiliki kedalaman yang kurang lebih 50 cm lebih besar dari ukuran septic tank (Ukuran septic tank bio sudah ada diketahui dari saat pembelian).
  2. Buat pondasi sesuai dengan diameter dari biofive
  3. Letakkan septic tank bio dengan posisi yang sesuai.
  4. Sambungkan pipa-pipa yang ada seperti pipa inlet, ventilasi dan outlet
  5. Isi biofive dengan air sampai penuh kemudian timbun dengan pasir atau tanah galian tadi, jangan ada benda tajam yang ikut di timbun misal kerikil.
  6. Selesai penimbunan rapikan tanah sekeliling dan septic tank bio sudah bisa digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *