Travelling
Wisata

Mengenal Lebih Dekat Riau dengan Cara Travelling

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Riau tidak bisa hanya dengan membaca informasinya saja. terutama jika ingin mengetahui dan merasakan kebudayaan, sosial, dan lingkungannya secara otentik, maka harus melakukan perjalanan ke Riau.

Namun sebelum berjalan jauh, ada baiknya melakukan persiapan, paling tidak melengkapi diri dengan sedikit informasi tentang Riau agar tidak tersesat atau salah dalam memahami Riau. Dimulai dari profil https://www.bandungadvertiser.com/ Kepulauan Riau yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia.

Pulau yang berbatasan wilayah dengan Malaysia, Vietnam, Kamboja, Kalimantan Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, dan Singapura ini termasuk dalam provinsi kepulauan di https://www.bandungadvertiser.com/  Indonesia. kepulauan Riau memiliki 5 kabupaten, terdiri dari 2 buah kota dengan sebanyak 52 kecamatan dan 299 kelurahan atau desa. Sementara itu, di Kepualauan Riau terdapat sekitar 2.408 pulau besar.

Ada banyak sekali pulau kecil yang belum bernama dan tidak berpenduduk, jumlahnya sekitar 30 persen dari jumlah pulau besar, adapun luasnya mencapai 8.201,72 km², di mana kurang lebih mencapai 95 persen dari pulau tersebut berupa lautan dan sekitar 5 persennya adalah daratan sehingga tak bisa ditinggali.

Gerbang wisata mancanegara

Kepulauan Riau sudah lama menjadi kawasan yang disebut dengan gerbang wisata dari mancanegara setelah Pulau Bali. Keramaiannya mencapai tingkat kedua bila dibandingkan dengan Bali.

Wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia melalui kepulauan Riau mencapai sejumlah 1,5 juta setiap tahunnya. Karena itu, kepulauan Riau menyandang gelar sebagai gerbang wisata mancanegara dan harus siap untuk dikelola menjadi lebih baik guna menyambut kedatangan turis yang secara langsung juga meningkatkan devisa negara.

Travelling

Sebelum menginjak Pulau Jawa, pada umumnya wisatawan akan mendatangi beberapa objek wisata yang ada di Riau terlebih dahulu. Di Kepulauan Riau terdapat berbagai objek wisata, utamanya wisata alam baik itu di kawasan desa maupun kabupaten.

Objek wisata alam itu antara lain berupa Pantai Melur, Pulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Pelawan di kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan.

Wisata budaya dan Sejarah

Selain diramaikan dengan destinasi wisata alam berupa pantai, kepulauan Riau juga memiliki objek wisata budaya dan sejarah yang menyimpan cerita petualangan tersendiri. beberapa objek wisata berupa cagar budaya, makam-makam bersejarah yang berhubungan dengan pemimpin di masa lalu juga ada di Riau, termasuk juga warisan budaya seperti tari-tarian masih dilestarikan oleh penduduk Riau dan sering dipertunjukan dalam even-even tertentu.

Sebagai contohnya, Anda bisa berkunjung ke kota Tanjungpinang, di sini, Anda bisa berziarah ke makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji, yang juga merupakan pahlawan nasional bangsa Indonesia.

Sedangkan kawasan wisat modern, bisa Anda rasakan ketika mengunjungi Treasure Bay di Lagoi, Bintan yang beurpa kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara, melihat Patung Dewi Kwan Im di KTM Resort. Patung Dewi Kwan Im ini merupakan patung tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Jangan lewatkan juga wisata bersejarah seperti Vihara Avalokitesvara Graha, Pulau Bawah di Anambas dan Funtasy Island yang merupakan kawasan agrowisata terbesar di dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *