Seni

Lukisan Batik Indah – Tingkatkan Dekorasi Rumah Anda

Seni batik sangat kuno dan seni membuat lukisan yang indah dengan menggunakan Wax. Telah dipraktekkan di India selama lebih dari 2100 tahun hingga sekarang. Pemilihan lilin sangat penting untuk kualitas Batik yang sudah jadi. Lilin lebah dan Parafin adalah dua lilin yang bagus digunakan dalam Batik dan dikombinasikan dalam proporsi yang berbeda. Kualitas terbaik dari kain tekstil dan pewarna pakaian digunakan untuk lukisan Batik.

Pembuatan lukisan yang indah ini merupakan proses yang rumit yang mencakup tiga tahap integral dari waxing, pencelupan dan penghilangan lilin. Pada langkah pertama, mencuci kain secara menyeluruh dilakukan untuk menghilangkan pati. Kemudian kain dikeringkan, disetrika dan direntangkan pada bingkai kayu. Langkah kedua melibatkan pembuatan sketsa kasar untuk menandai garis besar tema. Desain berkembang secara bertahap dengan setiap lapisan waxing. Efek eksklusif dari Batik Painting adalah retakan halus yang muncul dalam lilin yang pada gilirannya memungkinkan menetes pewarna untuk meresap. Penggunaan pewarna alami untuk mewarnai membuat proses ramah lingkungan.

 

Ada beberapa gaya lukisan yang berbeda:

Lukisan Batik: Dipercaya bahwa lukisan Batik berasal dari Indonesia. Campuran pewarna dan lilin untuk menghasilkan sihir pada kain dan sihir ini dikenal sebagai ‘Lukisan Batik’. Teknik lilin tahan dalam bentuk seni membuatnya layak dan unik.

Lukisan Tie-Dye: Proses bagian-bagian tie-dye dari kain diseimbangkan / diikat dengan karet dan tali-tali string. Ketika kain dicelup, bagian yang tertutup tetap tidak berwarna dan pola yang indah muncul. Beberapa desain umum yang dibuat adalah mata banteng, belang, spiral, dll. Proses pencelupan kain mungkin termasuk mencelupkan kain ke dalam tabung pewarna, sehingga proses ini juga disebut sebagai pencelupan celupan.

Shibori: Shibori adalah salah satu bentuk tradisi lukisan kain. Ini termasuk mengikat, melipat, menjahit dan mengompresi kain, untuk menahan pewarna dan mengembangkan pola. Shibori adalah kain Kimono yang sempit dan panjang, melilit batang kayu panjang 12 kaki. Kain dililit dengan benang, ketika dikompresi pada tiang, benang menciptakan kerut pada kain. Ada bentuk lain dari Shibori seperti suji, nui, miura dan Kumo.

Lukisan batik adalah salah satu seni yang paling indah menggunakan lilin dan warna alami. Ini dilakukan pada hiasan dinding, sarung bantal, syal dan Saris. Terlihat menarik dan menambah keindahan kamar Anda. Mereka tersedia di toko-toko handloom, kerajinan dan butik. Kualitas terbaik dari lukisan-lukisan ini adalah potray dalam tema-tema religius serta pola geometris alami dengan kombinasi daya tahan. Lukisan batik sangat terkenal di Orissa, Bengal Barat dan Tamilnadu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *