Seni

Belajar Seni Sejak Dini Utk Mengasah Kreatifitas Anak

Kegiatan anak mengasah keterampilan biasanya terkait dengan seni. Karya seni dan prakarya merupakan kegiatan yang bisa dilakukan anak tanpa harus menggunakan peralatan yang rumit atau pun alat seni yang profesional. Tapi menggunakan peralatan di rumah sederhana seperti kardus bekas, botol bekas, kertas kelender bekas, kaleng susu bekas, kertas majalah bekas.

Disini bukan kita memaksakan anak untuk menghasilkan karya yang sempurna tapi lebih memicu kreativitas anak. Bagaimana dia berpikir agar bisa menghasilkan karya seni sesuai dengan imajinasi dia sendiri. Hal yang mesti kita latih sejak dini agar otak nya bisa berkembang.

Menggunakan alat-alat bantu sederhana maupun warna-warni campuran yang digunakan untuk mewarnai hasil karya seninya. Tidak perlu bagus tapi kita bisa memuji karyanya agar nanti bisa lebih baik hasilnya dan dia akan merasa senang.

Sesuai dengan usainya
Banyak anak yang berusia 5 tahun ke bawah yang bisa diajarkan untuk berkarya. Tidak terlalu kompleks tapi cukup hasil yang sederhana seperti mewarnai buku gambar yang hasilnya bisa di pajang di kamarnya. Memberikan pujian tiap kali dia menghasilkan prakarya seni agar dia merasa senang. Dan akan bersemangat dan menciptakan imajinasi yang lebih banyak agar membuat karya seni baru. Seorang anak yang bisa menghasilkan karya seni tentunya akan meningkatkan rasa percaya dirinya, dan ini penting agar dia bisa memilih sesuai keinginan dan bakatnya nantinya.

Bebaskan Anak Untuk Berkarya
Setiap anak punya keinginan masing-masing dan ini merupakan hal yang mesti kita pahami. Anak ingin memilih sesuatu yang dia merasa senang mengerjakannya. Tidak perlu memaksakan kehendak kita sebagai orang tua. Disini kita lebih mengarahkan dan mendukung apabila dia tetap berada di jalur yang benar. Jangan lupa memberikan komentar positif terhadap anak kita.

Mulai dari sederhana
Karya seni yang sederhana tapi bisa memacu meningkatkan imajinasi anak. Seperti seorang anak memulai dengan mewarnai gambar yang sudah ada, nanti nya dia akan belajar bagaimana membuat gambar sejak awal dan tidak hanya mewarnai gambar yang sudah ada di buku gambarnya.

Menemani Anak
Belajar membutuhkan pendamping agar si Anak bisa berkembang lebih cepat. Disini kita sebagai orang tua wajib meluangkan waktu kita agar memperhatikan perkembangan anak dalam seni. Setidaknya si anak merasa kita mendukuang apa yang telah dia lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *