Seni
Seni

Arti Penting Seni untuk Kehidupan Masyarakat

Seni hadir di antara manusia bukan untuk menuntut manusia bisa menjadi sama satu sama lain, sebaliknya seni membebaskan manusia untuk menjadi dirinya sendiri. Dalam seni semua orang berhak untuk bergabung menjadi satu, memeriahkan imajinasi, merayakan kebersamaan dalam berbagai bentuk yang bisa dirasakan bersama-sama.

Dalam seni, semua orang akan bersatu seperti kembali menjadi anak-anak ketika mendengar suara musik kemudian menari atau bernyanyi bersama. Tidak mengingat sulitnya kehidupan, seni pun berperan menjadi pelipur lara, seni menjadi hiburan yang efektif untuk mengubah hati yang terluka menjadi lebih bersemangat dan memiliki pandangan yang lebih positif dan menjadi lebih siap untuk melanjutkan hidup.

Seni tidak mengajak orang untuk berperang tapi untuk mencintai diri sendiri, untuk mencintai satu sama lain dan untuk mengingat bahwa kita semua berasal dari satu nenek moyang yang sama, kemudian bisa kembali bersatu untuk memberikan yang terbaik pada dunia. seni menyadarkan masyarakat untuk memelihara alam, seni membuat manusia bisa menyadari keberadaan manusia di dunia adalah untuk memelihara alam bukan untuk merusaknya.

Seni

Dalam seni, manusia berperan menjadi organisme yang berjiwa besar, menjadi pelindung, penggerak, dan pengisi alam semesta. Seni tidak hanya untuk satu orang, tapi untuk alam semesta. Karenanya, banyak karya seni yang akan membicarakan hubungan antar manusia, antara manusia dengan binatang, antara manusia dengan Tuhannya.

Seni dengan lingkungan seperti nafas di kehidupan manusia, dan seni untuk menusia seperti jiwa di dalam diri manusia, sebuah passion yang membuat manusia menjadi lebih hidup, menemukan jati dirinya, menemukan jalan hidupnya. Setiap momen dalam menikmati karya seni, seseorang akan kembali seperti anak yang baru saja dilahirkan, kanvas kosong yang terisi oleh goresan, warna, bentuk, kemudian terbentuk.

Seseorang mungkin tidak menyadari jika, kehidupannya, keseluruhannya adalah seni. Mengolah hidup menjadi lebih hidup, adalah seni yang tidak ada batasnya. Bagaimana mengubah diri yang tadinya kekanakan menjadi lebih dewasa dan mampu berinteraksi dengan lingkungan sosial merupakan penguasaan seni bersosialisasi yang bisa jadi tidak semua anak yang tumbuh di dunia ini mampu untuk melakukannya.

Seni menjadi faktor pendorong untuk pertumbuhan seseorang, dari anak-anak menuju dewasa. Seni membantu seseorang memiliki jati dirinya, memiliki karakter yang tepat untuk dirinya, dan membantunya menemukan tujuan hidup. Seni tidak sesepele yang terlihat, ia berat, seperti jiwa yang tertanam dalam tubuh sejak lahir sampai mati. Seni amat penting untuk kehidupan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *